Selasa, 02 Juli 2013

Beberapa Kelebihan Pendengaran Kucing

Hay guys... artikel sy yg ke duapuluh tiga ini, akan mebahas tentang kelebihan pendengan kucing.


Kucing memiliki pendengaran yang sangat peka, melebihi kemampuan pendengaran anjing. Padahal, pendengaran anjing lima kali lebih tajam dari manusia sementara pendengaran kucing dua kali lebih tajam dari anjing. Makhluk hidup yang bisa mendengar lebih baik dari kucing hanyalah kelelawar dan ngengat.

Kelebihan pendengaran kucing :
 
*Mampu mendengar suara yang sangat pelan, tetapi juga suara yang sangat tinggi, yang tak dapat didengar oleh manusia.
•Daun telinga kucing lebar dan dapat berputar 180 derajat ke arah sumber bunyi.
•Kucing mampu mencari suara serangga yang berasal dari balik tembok sekalipun. Kemampuan ini sangat penting bagi kucing untuk mengetahui mangsanya berada.
•Kucing bisa membedakan suara mesin mobil, mendeteksi keunikan langkah kaki dan bahkan memiliki preferensi yang berbeda terhadap musik.

Namun di balik pendengaran yang sangat peka, sedikit sekali yang tahu bahwa kucing terlahir tuli. Kucing tidak bisa mendengar apapun hingga mereka berusia dua minggu dan itu adalah sebulan sebelum fungsi pendengaran mereka berfungsi secara efektif.

Sebelumnya, kucing hanya bisa mendengar suara hingga 65,000 cycles/detik – sedikit lebih tinggi daripada kemampuan mendengar pada anjing, dan jauh tinggi sekali daripada kemampuan mendengar manusia, yang memiliki kisaran tertinggi 20,000 cycles/detik. Tingginya sistem pendengaran yang luar biasa inilah yang membuat kucing menjadi hewan pemburu yang hebat.

Yang menjadikan pendengaran kucing luar biasa tajamnya ini adalah bagian luar telinganya yang disebut Pinna. Bentuknya segitiga dan berfungsi menyalurkan suara ke dalam gendang telinganya yang bisa bergerak terpisah satu sama lain, dengan masing-masing kemampuan berputar sebesar 180 derajat.

Ini artinya kucing mampu menentukan dengan tepat dari mana suara berasal tanpa harus menengokkan kepalanya.
Otak kucing memiliki perangkat yang secara khusus ditujukan untuk memproses pendengarannya dibandingkan binatang lain, bahkan termasuk anjing. Kucing tuli pun mampu bersosialisasi dengan cukup baik. Mereka mengompensasikan kekurangan pendengaran dengan deteksi gerakan dan getaran melalui bantalan telapak kaki mereka yang sensitif.

Meskipun demikian, seekor kucing yang tuli sebaiknya tidak berada di luar rumah, beberapa sumber bahaya seperti mobil yang sedang mendekat, bisa berakibat fatal sebelum kucing tuli dapat merespon kehadirannya.

Kucing lahir tuli.

Namun di balik pendengaran yang sangat peka, tidak ada yang tahu bahwa kucing terlahir tuli. Kucing tidak bisa mendengar apapun hingga mereka berusia dua minggu dan itu adalah sebulan sebelum fungsi pendengaran mereka berfungsi secara efektif. Sebelumnya, kucing hanya bisa mendengar suara hingga 65,000 cycles/detik - sedikit lebih tinggi daripada yg terdapat pada anjing, dan jauh tinggi sekali daripada manusia, yg memiliki kisaran tertinggi 20,000 cycles/detik. Tingginya sistem pendengaran yg luar biasa inilah yg membuat kucing menjadi hewan pemburu yg hebat.

Sistem pendengaran kucing.

Factor yang juga menjadikan pendengaran kucing luar biasa adalah bagian luar telinganya yang disebut Pinna. Bentuknya segitiga berfungsi menyalurkan suara ke dalam gendang telinganya yang bisa bergerak terpisah satu sama lain, dengan masing-masing kemampuan berputar sebesar 180 derajat. Ini artinya dia mampu menentukan dengan tepat dari mana suara berasal tanpa harus menengokkan kepalanya.

Otak kucing memiliki perangkat yang secara khusus ditujukan untuk memproses pendengarannya dibandingkan binatang lain, bahkan termasuk anjing. Kucing tuli pun mampu bersosialisasi dengan cukup baik. Mereka mengkompensasikan kekurangan pendengaran dengan deteksi gerakan dan getaran melalui bantalan telapak kaki mereka yang sensitif. Meskipun demikian, seekor kucing yang tuli sebaiknya tidak berada di luar rumah, beberapa sumber bahaya seperti mobil yang sedang mendekat, bisa berakibat fatal sebelum kucing tuli dapat merespon kehadirannya.

Okay guys... itu tadi artikel yg sudah sy rangkum dari berbagai artikel, semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih.. :)

Salam Lia_07

Sumber dari berbagai sumber

1 komentar:

chintia lim mengatakan...

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Posting Komentar

© Lia_07 Blogger - Template by Blogger Sablonlari - Header image by Deviantart