Senin, 01 Juli 2013

Cara Menemukan Kucing Rumahan Yang Kabur Dari Rumah

Hay guys... artikel saya yg ke tujuh belas ini, akan membahas tentang bagaimana cara menemukan kucing rumahan yang kabur dari rumah.

Kucing kabur dari rumah merupakan sebuah tragedi yang sudah umum terjadi, mengingat kucing bukanlah hewan yang dipelihara dengan cara diikat lehernya. Namun akan berbeda ceritanya jika kucing yang kabur adalah kucing yang dipelihara di dalam rumah terus dari kecil.

Nah, berkaitan dengan masalah tersebut, saya akan rangkum dari beberapa artikel yg saya ambil dari internet. Tentang kucing rumahan yg kabur dari rumah, yg memang benar-benar kabur bukan hilang diculik loh.. hehe.. :D

Ketika kucing kalian menghilang, jangan sekali-kali berpikir dia akan kembali dengan sendirinya. Kucing yang dari kecil dipelihara di dalam rumah, ketika berada di luar rumah yang cukup jauh dan tidak kembali, adalah kucing yang tersesat. Dia hilang, karena tidak tahu jalan pulang. So.. segera cari, jangan tunda-tunda lagi. Jangan tunggu sampai dia semakin menjauh tersesat.

Pasang iklan kucing hilang di koran lokal segera. Ini adalah cara paling malas dan mudah yang bisa kalian lakukan. Di sekitar kita masih banyak orang baik dan perduli dengan kesusahan orang lain kok. Nggak semuanya egois.

Selain nomor telepon, pada iklan koran tersebut tuliskan pula di area mana kalian tinggal dan dimana kira-kira kucing kalian menghilang. Namun jangan tuliskan alamat lengkap rumah kalian. Biarkan orang yang menemukan kucing kalian menelepon kalian terlebih dahulu.

Jam-jam kucing keluyuran adalah sekitar 9 malam hingga 5 pagi. Carilah pada jam-jam tersebut. Biasanya kucing akan berada di dekat tempat sampah untuk mencari sisa-sisa makanan, atau berada di luar rumah makan yang dekat dengan rumah kalian. Atau kalian juga bisa memeriksa sekitaran dinding luar rumah kalian, dan bawah mobil kalian.

Ketika kalian sudah berhasil menemukan kucing kalian, jangan buru-buru mendekatinya dan menangkapnya. Duduklah dengan tenang, panggil namanya, kalau bisa sambil memberikan makanan. Biarkan si kucing datang kepada kalian dengan sendirinya. Jika kalian langsung mengejarnya, bisa-bisa dia akan langsung kabur, karena berpikir kalian marah kepadanya.

Membuatkan kotak tidur kucing dan meletakkannya di tempat tenang seperti di garasi atau di area gelap dan tenang di sekitaran rumah adalah ide yang bagus juga. Kalian juga bisa meletakkan mainan atau seilmut kesayangan si kucing besertanya untuk menciptakan bau yang familiar bagi kucing kalian yang kabur. Jika kucing kalian belum jauh dari rumah, kemungkinan besar dia akan mengenali aroma tersebut.

Kucing yang kabur cenderung tidak akan menyeberang jalan utama yang ramai, bahkan ketika jalan tersebut sudah sepi sekalipun. So.. carilah si kucing pada sisi jalan yang tidak menyeberang.

Waktu yang tepat untuk mencari kucing yang hilang adalah di malam hari. Karena kucing cenderung bersembunyi dan menghindari tempat yang ramai di siang hari.

Kucing bukanlah petualang yang jauh. Apalagi kucing rumahan. So.. carilah di dekat-dekat rumah kalian terlebih dahulu dengan teliti. Kira-kira sejarak 4-5 rumah di sekeliling rumah kalian lah... :)

Jika kalian yakin kucing kalian hilang karena tersesat, kalian bisa meninggalkan barang-barang yang memiliki aroma kalian, di sepanjang jalan atau di sekitaran rumah. Semoga angin akan membawa aroma tersebut dan menuntun kucing kalian pulang ke rumah.

Saat mencari kucing di malam hari, sebaiknya kalian tidak menggunakan senter karena sinarnya terlalu lemah. Gunakanlah lampu sorot lalu sorotlah semak-semak di sekitaran rumah kalian. Mungkin si kucing bersembunyi di sana.

Periksa beberapa tempat penampungan hewan di dekat kalian tinggal, barangkali kucing kalian ditangkap petugas pengendali hewan karena dikira kucing liar. Ini berlaku untuk negara-negara maju dan beberapa kota-kota besar.

Jika kalian tahu posisi kucing kalian, tetapi si kucing tidak juga mau pulang ke rumah, mungkin perlu menggunakan perangkap semacam kandang perangkap untuk menjebak kucing kalian tersebut.

Yang terakhir adalah menyewa tenaga profesional. Namun opsi ini butuh dana tambahan yang tidak murah guys... :problem

Cara di atas hanya berlaku untuk kucing-kucing rumahan yang selalu berada di dalam rumah dan tinggal di daerah kota-kota besar. Untuk kucing-kucing yang terbiasa keluyuran di luar rumah dan yang tinggal di kota-kota kecil atau di pedesaan, cara di atas tidak akan berlaku.

Karena kucing outdoor dan kucing kampung memiliki jangkauan keluyuran yang lebih luas dan keluar rumah bukan karena kabur atau tersesat, tetapi lebih karena memang suka jalan-jalan.

Okay guys... itulah beberapa cara menemukan kucing rumahan yang kabur dari rumah, dan hal tersebut saya alami sendiri. Waktu Kimmy kabur dari rumah, dan akhirnya bisa kembali guys... ;)

Sekian artikel ini saya buat, semoga bermanfaat.

TERIMAKASIH... :sip

Salam Lia_07

Sumber dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi


2 komentar:

Okfamika Thariqi mengatakan...

Saya juga punya kucing yg kabur saat baru 2 hri pindah rumah... Setelah 2,5 bulan mencari, baru ketemu... Hanya beberapa blok dari rumah. Sempat 2 hari saya biarkan di dalam rumah agar dia membiasakan diri. Tapi lalu dia kabur dan ngga mau kembali lagi. Saya bingung harus bagaimana.

Unknown mengatakan...

Saya juga kehilangan kucing yg baru 1 hari saya pelihara. Bgaimana cara agar dia mau kembali pulang ?

Posting Komentar

© Lia_07 Blogger - Template by Blogger Sablonlari - Header image by Deviantart